Bagi yang Ingin Menjadi Penulis Buku

Susah Menembus Penerbitan? Simak Tips Ini!

Naskah ditolak bukan berarti naskah Anda jelek …

Berkali-kali mengirim naskah namun selalu gagal karena dianggap tidak layak untuk diterbitkan oleh penerbit manapun. Itu masalah utama penulis pemula. Surat penolakan dari penerbit tak jarang menjadi senjata mematikan bagi gairah yang menggebu-gebu dari sang calon penulis. Bagai sekam api yang tersiram air, semangat untuk menulis pun padam seketika.

Agar tidak terulang, berikut adalah informasi yang perlu Anda ketahui mengapa sebuah penerbitan menolak naskah:

1. Tema Segmented

Tema yang sangat segmented (baca: tidak banyak pasar pembacanya) membuat penerbit alergi. Mengapa? Sebab sebagai sebuah industri, penerbitan harus memproduksi buku dalam jumlah yang banyak (untuk diketahui, agar harga cetaknya murah, sebuah judul buku kudu dicetak di atas 1000-2000 exp). Nah, kalo temanya kurang menarik bagi orang banyak, pasti penerbit akan rugi. Salah satu tema yang dihindari adalah Puisi dan Cerpen. Kenapa? Karena orang cenderung hanya suka membaca puisi buatannya sendiri, kecuali tentunya Anda seorang yang sudah punya nama besar.

2. Salah Penerbitan

Hampir semua penerbitan memiliki bidang spesialisasinya sendiri. Salah besar jika Anda mengirimkan naskah novel percintaan ke sebuah penerbitan yang biasa menerbitkan buku-buku politik atau sejarah. Jadi, pastikan dulu bahwa penerbit yang Anda tuju memang menerbitkan buku-buku sejenis. Caranya? Mudah saja. Pergi ke toko buku, dan carilah penerbit yang menerbitkan buku-buku yang sejenis dengan naskah Anda.

3. Tulisan Terlalu Mirip dengan Naskah/Buku Lain

Masalah copyright adalah salah satu masalah yang cukup sensitif dalam dunia penerbitan. Ada penulis yang malas bekerja keras lalu tulisannya hanya berisi cuplikan dari tulisan-tulisan lain sehingga hasil tulisannya seperti potongan atau tempelan dari tulisan-tuliusan lain. Itu namanya plagiat dan tak akan ada penerbit yang mau menerbitkan naskah contekan itu.

4. Naskah Memang Belum Layak

Nah, kalau yang ini murni masalah teknis. Berarti Anda kudu memperbaiki naskah Anda sebelum mengirimnya ke penerbit. Bagi Anda yang benar-benar serius, dapat bergabung dengan kursus yang diselenggarakan oleh Komunitas Dunia Tulis Perumahan Candi Gebang Permai Blok V No 8 Yogyakarta (Utara Pasar Condong Catur) Telp. 0274 9365757.

Pengajarnya praktisi dari dunia penerbitan dan penulis buku. Anda akan diajak berdiskusi dan dilatih menghasilkan naskah-naskah yang pastinya menarik untuk diterbitkan. Hebatnya, naskah Anda pun akan dijamin untuk diterbitkan! Selamat datang calon penulis!

Advertisements

35 thoughts on “Bagi yang Ingin Menjadi Penulis Buku

  1. saya pernah mengirim tulisan di beebrapa media massa; sedikit yang dimuat dan dpt honor, banyak yang dikembalikan dan banyak lagi yang gak tahu nasibnya…., itu tempo doeloe…

    saya juga punya buku saku dari peneribit mizan tentang pengiriman naskah untuk dibuat buku…., tapi saya belum pernah mencoba…..

    saya menemukan dunia baru tulis menulis saya: di Blog.

    salam kenal, terima kasih telah bverkunjung ke blog saya…
    (@kalau masalah Iklan, isteri emang agak cerdasan sedikit…)

  2. Berminat juga, sambil bekerja belajar menulis, karena keseharian saya bekerja tidak lepas dari tulisan, Sambil menyelam minum air. Okay sukses untuk anda.

    Regards, agnessekar.wordpress.com

  3. Wooooow. Amazing!! lengkap habis bis bis. Ada sih rencana bikin buku tentang dunia saya sendiri untuk masuk penerbit, sayangnya gaya saya masih edukatif, belum fun belum sehebat temen2 yang lain.hik …hik …hik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s